Voxday

Kerusuhan di Lapas Tuminting Manado: Kebakaran dan Tertembaknya Satu Napi

Kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 Tuminting kota Manado Sulawesi Utara (Sulut) antara napi dan petugas mengakibatkan satu korban tertembak dan menyebabkan terjadinya kebakaran, Sabtu (11/4).

Dikutip harimanado.com, salah seorang narapidana, di siaran langsung akun napi bernama Riz Q, terlihat tertembak di bagian perut, kemudian diangkut teman sesama napi.

Sementara itu, para napi terus melawan dengan melempari batu dan sampai membakar gedung. Di seberang pintu masuk, aparat terus mendesak ke kerumunan para napi.

Para napi mengaku, katanya sumber masalah ini diakibatkan dari kebijakan Kepala Lapas, Sulistyo Wibowo. Amarah mereka meledak ketika seorang napi tidak diizinkan melayat orang tuanya yang meninggal.

”Ini gara-gara kalapas. Kenapa dia tidak izinkan ada orang tua napi meninggal,” kata napi tersebut di live facebook-nya.

Sedangkan keterangan dari petugas Lapas, pemicu kerusuhan ini karena ada informasi pembebasan napi akibat corona virus.

“Ada napi yang memprovokasi para napi lainnya. Terbukti ada napi yang bisa siaran langsung,” kata petugas tersebut.

Dilansir zonautara.com, Kapolresta Manado AKBP Benny Bawensel sebelumnya mencoba masuk untuk melakukan negosiasi dengan para napi. Sejenak para napi tenang, lalu kerusuhan kembali terjadi.

Kapolres dan pasukannya mundur dan kini sedang bersiap untuk kembali masuk dan melakukan pengawasan di dalam Lapas.

Hingga berita ini dinaikan, kericuhan di lokasi belum meredam.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Voxday