Your Vox

Misteri Pulau Nanas

Pulau Nanas dalah sebuah pulau yang terletak di Desa Paret Timur , Kec. Kotabunan, Kab. Bolmong Timur, SULUT. Pulau ini terkenal dengan keindahan lautnya, pasir putih yang bersih dan pemandangan yang indah. Sudah banyak pengunjung yang datang baik dari dalam daerah maupun luar daerah hingga manca negara. Keindahan yang disuguhkan sungguh membuat takjub, tapi ternyata pulau nanas masih menyimpan berbagai misteri kejadian hal-hal mistis yang bisa saja menimpa pengunjung yang tidak berhati-hati.

Perayaan hari raya ketupat yang jatuh pada tanggal 31 mei kemarin membuat pengunjung pulau nanas  dari berbagai daerah membludak. Setelah melakukan rekreasi,  Wisatawan rata-rata pulang pada pukul 19.00 wita. Setelah itu, ada hal mistis terjadi yang menimpa salah seorang warga desa paret timur yang berinisial A belum juga pulang hingga pukul 21.00 WITA. Hal ini membuat resah keluarganya hingga keluarganya beserta warga sekitar memutuskan untuk pergi ke pulau nanas sekitar pukul 22.00 WITA.

“torang so bacari sampe di utang-utang, sampe di ujung pulo mar blum jaga dapa leh pa dia” kata seorang warga

Salah seorang dari mereka menelpon orang yang masih di kampung untuk pergi ke tua-tua kampung untuk melihat dimana dan kondisinya bagaimana apakah sudah mati atau masih hidup.

“dia ada diblakang pa ngoni, dia masih hidop Cuma ada tidor itu” kata dari tua-tua kampung tersebut

Mendengar perkataan itu, sebagian keluarganya yang masih dikampungpun ikut ke pulau tetapi di bekali dengan “sosapu lidi” yang diberikan oleh salah seorang tua-tua kampung dan mengatakan kamu yang akan menemukannya. sampai mereka di pulau bertemu dengan sebagian keluarga yang memang sudah berada diisana terlebih dahulu, pencaharian dilakukan sampai pukul 03.00 dini hari, isnan (yang tadi di berikan sosapu lidi) berjalan kearah hutan dan langsung menemukan orang yang hilang berinisal A tersebut tertidur di bawah pohon, isnan membangunkannya dan orang itupun terkejut kenapa dia bisa tertidur di pulau sendirian. Isnanpun memanggil yang lain dan mengatakan bahwa ia sudah menemukannya. Hal ini membuat yang lainnya terkejut karena tempat itu sudah dilalui mereka tetapi tidak melihat adanya orang yang sedang tertidur, mereka berbincang sedikit Dan akhirnya semua pulang kembali ke  kampung.

Hal ini memang sudah beberapa kali terjadi, orang-orang didesa paret biasa mengenal kejadian seperti itu dengan istilah “dia ada sambunyi” kata dia ditujukan untuk penunggu ditempat tersebut. Ini memang bukan baru terjadi melainkan sudah pernah ada kejadian sebelumnya dan hal seperti ini tidak akan terjadi di semua orang melainkan hanya akan terjadi di orang yang mereka (penunggu) sukai.

Tetaplah berhati-hati dalam melakukan wisata baik itu wisata pantai maupun gunung. Janganlah memakai riasan wajah yang berlebih sehingga bisa memicu hal yang tidak diinginkan.

Penulis : Reyna Modeong, Mahasiswa PWK Unsrat, aktif di PMII Kota Manado

Yourvox adalah laman yang didedikasikan mereka yang ingin mewacanakan keresahannya dan beropini tentang kondisi terkini. Hubungi admin di sini untuk bercakap lebih lanjut dan mengirimkan tulisan.

You may also like

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Your Vox